No image available for this title

Text

IMPLEMENTASI PENERAPAN PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DALAM PENINGKATAN MAHARAH QIRA’AH KITABAH SISWI KELAS VIII K MTS ASSUNNIYYAH KENCONG - JEMBER



Mazidatul Ilmiah, 2022. Implementasi Dalam Penerapan Pembelajaran Bahasa Arab Maharah Qiro’ah
Kitabah Siswa Kelas VIII K MTs Assunniyyah Tahun Pelajaran 2021-2022. Skripsi, Jurusan Tarbiyah,
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (INAIFAS)
Kencong Jember. Pembimbing: Zainuri, M.Pd.
Kata Kunci: Maharah Qiro’ah Kitabah, Pembelajaran Bahasa Arab.
Maharah qira’ah kitabah merupakan suatu metode dalam penerapan pembelajaran yang menggunakan
ketlatenan dan keuletan baik dalam pendampingan kepada siswa, ataupun untuk kepahaman dalam membaca dan
menulis berbahasa Arab. Maharah ini dalam tehnik pembelajaran yang digunakan oleh peneliti dalam proses
pembelajaran dan penerapan maharah ini di kelas VIII K Madrasah Tsanawiyyah Assunniyyah tersebut
adalahdengan cara membaca teks dengan bacaan yang benar dan suara yang keras lalu meminta siswa mengulangi
secara bersama, setelah itu siswa diminta untuk mendeskripsikan tentang pengetahuan dan pemahaman yang telah
ia ketahui.
Hal ini sudah sesuai dengan langkah presentasi proses pembelajaran bahasa Arab melalui metode membaca
dan menulis, namun ini harusnya bukan merupakan langkah pertama yang dilakukan guru melainkan ini
merupakan tahap kedua pembelajaran qiro’ah kitabah. langkah kedua presentasi pembelajaran bahasa Arab
melalui metode qiro’ah kitabah adalah guru membacakan teks yang diajarkan dengan baik dan benar, lalu
menuangkann dan mendeskripsikan pemahaman nya kedalam bentuk kitabah atau tulisan, kemudian peserta didik
diperintahkan untuk mendengarkan dan menirukan bacaan guru baik secara perorangan maupun kolektif)
Implementasi dalam penerapan pembelajaran maharah qiro ’ah kitabah perlu adanya sebuah motivasi dan
model, materi pembelajaran yang aktif, sistematis dan optimal agar keefektivan pembelajaran dan penerapannya
dapat terlaksanakan sesuai dengan rencana. Persiapan seorang guru sebelum proses pembelajaran akan
menghasilkan pembelajaran dengan hasil yang memuaskan. Peserta didik dan guru akan teijadi interaksi dan
hubungan timbal balik dalam pembelajaran bahasa Arab yang efektif dan menyenangkan.
Adapun fokus penelitian ini meliputi: 1). Bagaimana keefektivan bahasa Arab dalam kelas setelah
menerapkan maharah qiro’ah kitabah? 2). Bagaimana penerapan maharah qiro’ah kitabah dalam kelas VIII K ini?
3). Apakah dengan sistematika model pembelajaran dari guru membuat maharah qiro’ah kitabah lebih mudah
dipelajari? Sedangkan tujuan penelitian ini adalah: 1). Untuk mengetahui maharah qiro’ah kitabah dalam proses
pembelajaran dalam kelas. 2). Untuk mengetahui seberapa efektif kah maharah qiroa’ah kitabah dalam belajar
bahasa Arab. 3). Untuk mengetahui kreativitas siswa setelah guru melakukan penerapan maharah tersebut.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa didalam penerapan pembelajaran bahasa Arab maharah qira’ah
kitabah mulai ada peningkatan kemampuan membaca dan menulis bahasa Arab dengan baik sesuai kaidah atau
susunan bahasa Arab. 2). Terkait kefektivan bahasa Arab dengan maharah qiro’ah kitabah, maka peserta didik
akan belajar melafalkan dan kalimat dengan baik dan belajar berkomunikasi dengan bahasa Arab. 3). Kesulitan
dalam hal ini, pada peserta didik karena bukan bahasa yang mereka gunakan sehari hari, akan tetapi dengan
memberikan contoh dari guru / penutur asli dari video / audio, diharapkan dapat meningkatkan kemampuan
mereka.


Ketersediaan

014.C133014My LibraryTersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
-
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this