
Text
PENGGUNAAN METODE TALKING STICK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB KELAS X K MA ASSUNNIYYAH KENCONG JEMBER TAHUN AJARAN 2021-2022
Siti Umi Azizatul Khofifah, 2022. Penggunaan Metode Talking Stick Dalam Pembelajaran Bahasa Arab
Kelas X K MA Assunniyyah Kencong Jember Tahun Ajaran 2021-2022. Skripsi, Jurusan Tarbiyah,
Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Institut Agama Islam Al-Falah As-Sunniyyah (INAIFAS)
Kencong Jember.
Pada pembelajaran bahasa arab khususnya kelas X K MA Assunniyyah masih mengalami beberapa
kesulitan seperti peserta didik kurang percaya diri untuk mengemukakan gagasan atau pendapatnya, merasa
belum menguasai kosakata bahasa arab, memahami materi yang disampaikan, dan peserta didik kurang
memperhatikan pendidik saat pembelajaran. Metode talking stick ini merupakan salah satu upaya pendidik
untuk membangkitkan semangat belajar peserta didik agar tidak jenuh dan menekankan pada keaktifan
peserta didik selama proses pembelajaran, yang mana agar peserta didik percaya diri untuk mengungkapkan
kalimat dengan baik dan benar serta mengembangkan potensi belajar Bahasa Arab dan juga dapat
mengarah pada empat keterampilan berbahasa yaitu mendengar, berbicara, menulis, dan membaca.
Fokus dalam penelitian ini adalah “Bagaimana Proses Penggunaan Metode Talking Stick Dalam
Pembelajaran Bahasa Arab (Studi siswi Kelas X K MA Assunniyyah) ?”. dan tujuan dari penelitian ini
adalah : Untuk mengetahui dan mendeskripsikan penggunaan metode talking stick dalam pembelajaran
bahasa arab pada kelas X K MA Assunniyyah.
Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif yang digunakan
peneliti untuk menganalisis dan mendeskripsikan penggunaan metode talking stick dalam pembelajaran
bahasa arab pada kelas X K MA Assunniyyah. Dan teknik pengumpulan datanya peneliti menggunakan
observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik Analisis data dengan mereduksi data, penyajian data dan
penarikan kesimpulan. Yang mana mendeskripsikan data yang diperoleh dalam bentuk teks naratif, tabel
dan chart terkait hasil pembelajaran bahasa arab menggunakan metode talking stick.
Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan metode talking stick pada pembelajaran
bahasa arab sangat efektif yaitu dapat menarik perhatian peserta didik pada materi bahasa arab, penggunaan
metode talking stick lebih disenangi siswi kelas X K. Kemudian juga dapat Meningkatkan Pemahaman
peserta didik dalam materi bahasa arab serta mengasah penguasaan peserta didik dalam empat keterampilan
berbahasa juga menjadi lebih baik dari sebelumnya.
Kata Kunci: Metode Talking Stick, Pembelajaran Bahasa Arab.
Ketersediaan
014.C132 | 014 | My Library | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Informasi Detil
Judul Seri |
-
|
---|---|
No. Panggil |
-
|
Penerbit | : ., 2022 |
Deskripsi Fisik |
-
|
Bahasa |
Indonesia
|
ISBN/ISSN |
-
|
Klasifikasi |
NONE
|
Tipe Isi |
-
|
Tipe Media |
-
|
---|---|
Tipe Pembawa |
-
|
Edisi |
-
|
Subyek |
-
|
Info Detil Spesifik |
-
|
Pernyataan Tanggungjawab |
-
|
Versi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain